SOSIAL

Divisi Sosial merupakan divisi yang menjadi wadah dimana Mahasiswa/i dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan sosial. Sehingga Divisi Sosial akan membantu Mahasiswa/i dalam meningkatkan jiwa sosial kepada masyarakat terutama yang membutuhkan bantuan.

Program Kerja

Gizi Peduli Sosial (GPS)
GPS merupakan program kerja ke desa binaan. Pada periode ini kami bekerja sama dengan BEM FIKES UPNVJ dan Ormawa lain di FIKES UPNVJ untuk memiliki desa binaan. Di desa binaan tersebut diadakan kunjungan rutin. Kunjungan rutin tersebut diisi dengan kegiatan penyuluhan dengan tema yang berbeda-beda serta pengamatan perilaku warga. Selain kunjungan, ada acara puncak Gizi Peduli Sosial dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti senam bersama, penyuluhan, cek status gizi, demo pengolahan pangan darurat dan pentas seni masyarakat. Kemudian, akan ada acara puncak penutupan bersama dengan BEM FIKES UPNVJ dan Ormawa FIKES UPNVJ lainnya.

Gizi Bakti Masyarakat (GBM)
GBM ini adalah program kerja yang dimana mahasiswa baru Prodi S1 Ilmu Gizi UPNVJ melakukan penyuluhan kepada masyarakat. Program kerja ini bertujuan agar mahasiswa dapat melatih diri untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat, meningkatkan softskill dan menumbuhkan jiwa sosial. Selain itu, program kerja ini juga sebagai bentuk implementasi mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Fungsional

  • I-CARE. I-CARE merupakan sebuah wadah dimana mahasiswa gizi UPNVJ dapat memberikan sedikit rezekinya secara sukarela untuk bersedekah. I-CARE dilaksanakan 6x selama satu periode. Dana dari I-CARE akan dialokasikan untuk dana duka, donasi ketika terjadi bencana alam, jika ada mahasiswa gizi UPNVJ yang sedang mengalami sakit dan memerlukan rawat inap, ataupun untuk hal-hal lain yang bersifat insidental.
  • KOIN PEDULI GIZI. Koin Peduli Gizi salah satu kegiatan penggalangan dana secara sukarela yang dilakukan oleh universitas-universitas yang tergabung dalam Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia (ILMAGI). Hasil donasi yang terkumpul digunakan untuk kegiatan berbagi makanan bagi masyarakat yang membutuhkan.
  • Mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M). PKM-M diadakan oleh Ristekdikti. Divisi Sosial akan membentuk tim dan mengajukan proposal PKM-M. Jika lolos pendanaan, akan diberikan dana oleh Ristekdikti untuk menjalankan program pengabdian masyarakat tersebut.
  • Mengikuti Program Hibah Bina Desa (PHBD). PHBD diadakan oleh Ristekdikti. Divisi Sosial membuat tim untuk mengikuti PHBD dan mengajukan proposal PBHD. PHBD ini seperti karya tulis ilmiah yang berbasis pengabdian masyarakat. Jika lolos pendanaan, akan diberikan dana oleh Ristekdikti untuk menjalankan Program Hibah Bina Desa tersebut.